TOKOH MUSIK MODERN
TOKOH – TOKOH PENARI DAN KOREOGRAFER TARI MODERN
(DALAM NEGERI
DAN LUAR NEGERI)
1. TOKOH –
TOKOH PENARI DAN KOREOGRAFER TARI MODERN (LUAR NEGERI)
Martha Graham
Martha Graham (lahir di Allegheny,
Pennsylvania, 11
Mei1894 – meninggal di New York City, Amerika Serikat, 1
April1991 pada umur 96 tahun) adalah seorang penari dan koreografer untuk modern
dance, yang pengaruhnya akan tari dapat dibandingkan dengan
pengaruh Igor Stravinsky terhadap musik, Pablo Picasso akan seni rupa, atau Frank Lloyd Wright mengenai arsitektur.[1]
Martha Graham menciptakan gaya gerakan baru, dan
digunakan untuk mengungkapkan hasrat, kemarahan dan kegembiraan selayaknya
dialami manusia. Ia telah menari dan merancang tarian lebih dari tujuh puluh
tahun, dan selama waktu itu ; ia merupakan penari pertama yang pernah melakukan
pertunjukan di Gedung Putih, keliling dunia sebagai duta besar seni, dan menerima
penghargaan tertinggi di Amerika Serikat yakni Presidential Medal of Freedom.
Sepanjang hidupnya, ia telah menerima berbagai
penghargaan dari Kunci
Kota (bahasa Inggris: Freedom
of the City) untuk kota Paris hingga Order
of Precious Crown dari kekaisaran Jepang.
Ø Garry Stewart
Garry Stewart adalah direktur artistik Australian Dance Theatre.Ia
menduduki posisi tersebut sejak tahun 1999 menggantikan Meryl Tankard direktur
sebelumnya yang menjabat sejak 1993 ketika masih bernama Meryl Tankard
Australian Dance Theatre. Stewart mulai berlatih menari tahun 1983 di Sydney
City Ballet Academy sebelum melanjutkan belajar di Australian Ballet School
antara 1984 dan 1985.
Stewart tertarik membuat koreografi sejak awal karir tarinya. Tahun 1985 ia mengkoreografikan Untitled untuk produksi Australian Ballet School dan tahun 1986 Zen Do Some Nothing untuk lokakarya koreografi Australian Dance Theatre. Sejak ditunjuk sebagai direktur artistik Australian Dance Theatre Stewart tak henti menciptakan karya-karya baru terutama karya-karya yang mengeksplorasi peran media-baru dalam pertunjukan tari. Atas usaha tersebut ia telah menerima penghargaan dari Australian Dance Awards untuk koreografinya yang sangat berhasil The Age of Unbeauty (2002) dan Honour Bound (2008).
Stewart tertarik membuat koreografi sejak awal karir tarinya. Tahun 1985 ia mengkoreografikan Untitled untuk produksi Australian Ballet School dan tahun 1986 Zen Do Some Nothing untuk lokakarya koreografi Australian Dance Theatre. Sejak ditunjuk sebagai direktur artistik Australian Dance Theatre Stewart tak henti menciptakan karya-karya baru terutama karya-karya yang mengeksplorasi peran media-baru dalam pertunjukan tari. Atas usaha tersebut ia telah menerima penghargaan dari Australian Dance Awards untuk koreografinya yang sangat berhasil The Age of Unbeauty (2002) dan Honour Bound (2008).
Ø
Pina
Bausch
Dengan nya
koreografi Pina Bausch, lahir di Solingen pada tahun 1940, meninggal di
Wuppertal pada tanggal 30 Juni 2009, telah memimpin tari dari bentuk-bentuk
lama dan telah menciptakan sebuah istilah baru teater tari sebagai kepala
Wuppertal Dance Theatre. Dari 1955-1958 ia menyelesaikan studi menari di
Folkwangschule di Essen bawah direciton dari Kurt Jooss. 1959-1962 tari studi
di Amerika Serikat, termasuk bekerja dengan Paul Taylor dan Antony Tudor. Atas
permintaan dari Kurt Jooss ia kembali ke Jerman pada tahun 1962 dan menjadi
seorang penari di Folkwang-Ballett bahwa ia baru saja didirikan. Koreografi
pertamanya untuk Folkwang-Ballett diikuti pada tahun 1968: "Fragmen".
Dari 1969-1973 dia adalah direktur artistik, koreografer dan penari di Folkwang
Dance Studio (1971 "Aktionen für Tanzer", 1972
"Thannhäuser", "Bacchanal"). 1.980 pertama kerjasama dengan
desainer set Peter Pabst. Dari tahun 1983 direktur artistik dari Studio Tari
Folkwang. Dari 1983-1989 Pina Bausch diarahkan departemen tari di Universitas
Folkwang di Essen. Pada tahun 1973 Pina Bausch diangkat arah Ballett der
Wuppertaler Buhnen [Ballet Tahapan Wuppertal], sejak berganti nama Tanztheater
Wuppertal [Wuppertal Dance Theatre], posisi dia menjabat sampai kematiannya.
Dominique Mercy dan Robert Sturm, baik rekan-rekan yang sangat dekat Pina
Bausch, mengambil alih arah artistik dari ansambel dari sekarang.
Ø
Urs
Dietrich
Lahir1958
diVisp/Swiss,UrsDietrichmemperolehgelar di bidangTekstildan DesainKostum. Dari tahun 1981sampai 1985,ia
belajartaridiHochschuleFolkwangdi Essen. Pada tahun 1986,
ia melanjutkanstudinyadi NewYork. Sejak
tahun 1988, ia telahbekerjasebagai penaridan
koreograferfreelance. Diamenciptakanensemblebanyak
danpotongantari solodisajikan sebagaitamuproduksidi Eropa, Asia, India, sertadi
North-dan Amerika Selatan. Perdanaduniaso
lodiakuikarya-karyanya"Da warplötzlich...-Herzkammern"
(1995) dan"An derGrenzedesTages"
dipresentasikan padaHebbelTheater Berlin. Bersama denganSusanneLinke, ia diarahkan,
dari 1994 sampai 1996,perusahaandariTanztheaterBremer. Kemudian iabekerja di sanaterutama sebagaikoreografertamu, dansejak tahun 2000menanganidirektur dariTanztheaterBremersaja.
Dietrichtelah memenangkanbanyak penghargaan, antara lainKurt-Jooss-Preis dari KotaEssen(1985) danPrizeProduksiRhine-Westphalia (1990)

Ø SashaWaltz
SashaWaltzmempelajariTari
danKoreografidi AmsterdamdanNewYork. Pada tahun 1993, ia
mendirikanperusahaanSashaWaltz&tamu denganJochenSandigdi Berlin, danSophiensælepada tahun 1996.
Dari tahun 2000hingga 2005,baikmilikarahartistik dariSchaubuhneamLehninerPlatz. Sejak tahun 2006perusahaan telahberlatihdan memproduksidiRadialsystemV, Ruang untukSeni&Ideasdan bekerja dijaringan internasionalterus berkembangdarimitraproduksi dantur.
Repertoaraktifsaat initerdiridari18buahdari karyaawal seperti"Travelogue -Dua puluhsampai delapan" (1993) ke konserkoreografiterbaru"gefaltet" (2012) serta empatoperaproduksi.
Pengembanganbentuk-bentuk inovatifdarikinerja danpenciptaanmusictheatrekoreografitelah menjadifokus yang kuatdarikaryaSashaWaltz&tamu. SashaWaltztelah diberikanbanyak penghargaanuntukkaryanya, di antaranyamedalibudaya Perancis"Officier del'Ordre desArtsetdesLettres" dan yang terbaru adalahBundesverdienstkreuzamBandeRepublikFederal Jerman.
Dari tahun 2000hingga 2005,baikmilikarahartistik dariSchaubuhneamLehninerPlatz. Sejak tahun 2006perusahaan telahberlatihdan memproduksidiRadialsystemV, Ruang untukSeni&Ideasdan bekerja dijaringan internasionalterus berkembangdarimitraproduksi dantur.
Repertoaraktifsaat initerdiridari18buahdari karyaawal seperti"Travelogue -Dua puluhsampai delapan" (1993) ke konserkoreografiterbaru"gefaltet" (2012) serta empatoperaproduksi.
Pengembanganbentuk-bentuk inovatifdarikinerja danpenciptaanmusictheatrekoreografitelah menjadifokus yang kuatdarikaryaSashaWaltz&tamu. SashaWaltztelah diberikanbanyak penghargaanuntukkaryanya, di antaranyamedalibudaya Perancis"Officier del'Ordre desArtsetdesLettres" dan yang terbaru adalahBundesverdienstkreuzamBandeRepublikFederal Jerman.
2. TOKOH –
TOKOH PENARI DAN KOREOGRAFER TARI MODERN (DALAM NEGERI)
Ø
Edy Mefri
Dalam
perkembangan tari kontemporer Indonesia, Sumatera Barat cukup banyak
menyumbangkan koreografer-koreografer ternama seperti Huriah Adam, Gusmiati
Suid hingga Boi G. Sakti dan Hartati. Koreografer lainnya yang bisa
diperhitungkan dari daerah tersebut adalah Ery Mefri. Dilahirkan di
Saningbakar, Solok, Sumatera Barat pada 23 Juni 1958, Ery tumbuh dari keluarga
seniman. Ayahnya, almarhum Jamin Manti Jo Sutan, adalah seorang penari tradisi.
Pada 1983 Ery membentuk kelompok tari Nan Jombang yang diambil dari nama koreografi pertamanya. Tak hanya dijadikan nama kelompok, karya tersebut juga menjadi cikal bakal pijakan karya-karya seterusnya yaitu koreografi yang tetap berpijak pada tradisi sebagai spiritnya. Alhasil, karya-karya Nan Jombang selalu tampak eksotis.Pasalnya, materi gerak dan struktur dramaturginya masih berpijak pada jenis-jenis kesenian tradisi di Sumatera Barat.Tema-tema karyanya juga berangkat dari situasi masyarakat Minang. Kebanyakan yang ia sorot adalah sisi perubahan dan hilangnya sejumlah kebiasaan tradisi masyarakat Minang yang merekatkan kekerabatan di antara mereka karena tertelan arus modernisasi. Ciri khas ini terbilang konsisten diangkat Ery di hampir sebagian besar karya-karyanya.Inilah yang menjadikan Ery dinilai mewakili wajah Sumatera Barat dalam perkembangan tari kontemporer di Indonesia.
Pada 1983 Ery membentuk kelompok tari Nan Jombang yang diambil dari nama koreografi pertamanya. Tak hanya dijadikan nama kelompok, karya tersebut juga menjadi cikal bakal pijakan karya-karya seterusnya yaitu koreografi yang tetap berpijak pada tradisi sebagai spiritnya. Alhasil, karya-karya Nan Jombang selalu tampak eksotis.Pasalnya, materi gerak dan struktur dramaturginya masih berpijak pada jenis-jenis kesenian tradisi di Sumatera Barat.Tema-tema karyanya juga berangkat dari situasi masyarakat Minang. Kebanyakan yang ia sorot adalah sisi perubahan dan hilangnya sejumlah kebiasaan tradisi masyarakat Minang yang merekatkan kekerabatan di antara mereka karena tertelan arus modernisasi. Ciri khas ini terbilang konsisten diangkat Ery di hampir sebagian besar karya-karyanya.Inilah yang menjadikan Ery dinilai mewakili wajah Sumatera Barat dalam perkembangan tari kontemporer di Indonesia.
Ø
Hartati
Dibesarkan
di keluarga yang sebagian besar bekerja sebagai guru, ketertarikan Hartati pada
dunia tari muncul ketika ia masih di bangku SD. Waktu itu ia melihat
pertunjukan tari Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Padang Panjang jurusan
tari di kampungnya, Muara Labeuh di Sumatera Barat. Sejak itu, anak kedua dari
tiga bersaudara ini memilih tari sebagai jalan hidupnya.Pendidikan tari sudah
ditekuninya sejak bersekolah di Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI)
jurusan tari di Sumatera Barat.Di sekolah inilah wanita kelahiran 1968 ini
makin menekuni tari Minang yang sudah dikenalnya sejak kecil. Setelah empat
tahun di SMKI, Hartati meneruskan kuliah di bidang tari di Institut Kesenian
Jakarta tempat ia belajar koreografi.
Sebagai koreografer dari Minang, Hartati dikenal memiliki ciri gerakan tradisi Minang seperti pencak silat dan randai yang diasahnya sewaktu bergabung dengan kelompok tari Gumarang Sakti pimpinan almarhum Gusmiati Suid.Di kelompok inilah, Hartati belajar banyak tentang idiom gerak, dasar koreografi dan keterlibatan tradisi sebagai kekuatan tari kontemporer Indonesia. Pergulatannya di kelompok ini menumbuhkan misi dan tujuan hidupnya yaitu sebagai koreografer tari wanita seperti para pendahulunya, Hoeriah Adam, Sofiani dan Gusmiati Suid, nama-nama koreografer wanita dari Minang yang menjadi pelopor dasar tari kontemporer di Indonesia.
Sebagai koreografer dari Minang, Hartati dikenal memiliki ciri gerakan tradisi Minang seperti pencak silat dan randai yang diasahnya sewaktu bergabung dengan kelompok tari Gumarang Sakti pimpinan almarhum Gusmiati Suid.Di kelompok inilah, Hartati belajar banyak tentang idiom gerak, dasar koreografi dan keterlibatan tradisi sebagai kekuatan tari kontemporer Indonesia. Pergulatannya di kelompok ini menumbuhkan misi dan tujuan hidupnya yaitu sebagai koreografer tari wanita seperti para pendahulunya, Hoeriah Adam, Sofiani dan Gusmiati Suid, nama-nama koreografer wanita dari Minang yang menjadi pelopor dasar tari kontemporer di Indonesia.
Ø Fitri Setyaningsih
Lahir pada
tahun 1978, Fitri Setyaningsih tinggal dan bekerja di Yogyakarta sebagai artis
penari, koreografer dan kinerja. Dia lulus dari Institut Seni Indonesia (STSI)
Surakarta pada tahun 2003.
Setyaningsih telah terlibat dalam berbagai pertunjukan tari, baik sebagai penari, koreografer, dan sebagai direktur. Karya-karyanya terutama berkisar pengamatan fenomena sosial. Dalam beberapa tahun terakhir banyak karyanya telah meneliti batas antara pertunjukan dan seni teater dalam konteks seni rupa.
Setyaningsih telah terlibat dalam berbagai pertunjukan tari, baik sebagai penari, koreografer, dan sebagai direktur. Karya-karyanya terutama berkisar pengamatan fenomena sosial. Dalam beberapa tahun terakhir banyak karyanya telah meneliti batas antara pertunjukan dan seni teater dalam konteks seni rupa.
Ø
JeckoSiompo
JeckoSiompo, lahirdi Papuapada tahun 1975, belajar diInstitut Kesenian Jakarta(IKJ). Diamulaibekerja
padakoreografisendiripada usia dinidan menciptakansejumlah karyasementara
masihbelajardi institut, termasukGoda, BudiINI,IrianZoom In, AsmatDani, Obahorok, ButoHuruf, Unanuk,
Tikus-Tikus, DiKAMARKost, Di DepanPapua danTerimaKost.
Sebagaiseorang penaridan koreografer, Siompotelah berpartisipasi dalampertemuantariinternasional di Indonesia, Malaysia, Singapura, Jepang, Jerman, Denmark, Australia, Amerika Serikat, Perancis, dan Taiwan.
Pada tahun 2007ia diundangke Bangkokdi Thailand, danFestivalTariKontemporerAsiadiOsakadan KonferensiTariAsia2007di Tokyo, Jepang. Jeckojugaanggotadewan juripada programtelevisi Indonesiayang populerLets Dance.
Sebagaiseorang penaridan koreografer, Siompotelah berpartisipasi dalampertemuantariinternasional di Indonesia, Malaysia, Singapura, Jepang, Jerman, Denmark, Australia, Amerika Serikat, Perancis, dan Taiwan.
Pada tahun 2007ia diundangke Bangkokdi Thailand, danFestivalTariKontemporerAsiadiOsakadan KonferensiTariAsia2007di Tokyo, Jepang. Jeckojugaanggotadewan juripada programtelevisi Indonesiayang populerLets Dance.
Sep
28
SENI TEATER
Teater
adalah istilah lain dari drama, tetapi dalam pengertian yang lebih luas,
teater adalah proses pemilihan teks atau naskah (kalau ada) ,
penafiran, penggarapan, penyajian atau pementasan dan proses pemahaman
atau penikmatan dari public atau audience (bisa pembaca, pendengar,
penonton, pengamat, kritikus atau peneliti). Proses penjadian drama ke
teater disebut prose teater atau disingkat berteater. Teater berasal
dari kata theatron yang diturunkan dari kata theaomai(bahasa yunani)
yang artinya takjub melihat atau memandang.
Teater bisa diartikan dengan dua cara yaitu dalam arti sempit dan dalam arti luas.
Teeater dalam arti sempit adalah sebagai drama (kisah hidup dan kehiudpan manusia yang diceritakan di atas pentas, disaksikan orang banyak dan didasarkan pada naskah yang tertulis.
Teater bisa diartikan dengan dua cara yaitu dalam arti sempit dan dalam arti luas.
Teeater dalam arti sempit adalah sebagai drama (kisah hidup dan kehiudpan manusia yang diceritakan di atas pentas, disaksikan orang banyak dan didasarkan pada naskah yang tertulis.
Sep
28
SEJARAH KARAWITAN
Gamelan
Jawa merupakan seperangkat instrument sebagai pernyataan musical yang
sering disebut dengan istilah karawitan. Karawitan berasal dari bahasa
jawa rawit berarti rumit, berbelit – belit, tetapi rawit juga bararti
halus, cantik, berliku-liku dan enak.
Sep
28
SENI KARAWITAN
Sejarah
karawitan jawa-Karawitan berasal dari bahasa jawa rawit berarti rumit,
berbelit – belit, tetapi rawit juga berarti halus, indah-indah.
Sep
28
TOKOH MUSIK MODERN
TOKOH – TOKOH PENARI DAN KOREOGRAFER TARI MODERN (DALAM NEGERI DAN LUAR NEGERI)
1.
1.
Sep
28
JENIS TARI MODERN
JENIS-JENIS TARI MODERNSejalan dengan perkembangannya, tari modern dapat dikategorika
Tambahkan komentar